Tips Travelling

Be Responsible Travel Lads: Naik Bis Aman A la Bismania

Mungkin Travel lads ada yang takut atau malas bepergian dengan bis, apalagi bis malam ke luar kota. Image bis yang sering ditampilkan buruk; mulai dari kecelakaan, supir ugal-ugalan, kondisi bis tidak layak jalan, copet bergentayangan… membuat kita berkata duh, bis, jauh-jauh, deh!

Tapi image bis yang sering ditampilkan buruk tidak membuat Travel lads kapok, kan, naik bis? Sebagai seorang Travel lads sejati, apa pun moda transportasinya, jalan-jalan harus jadi! Supaya acara ngebis Travel lads nyaman dan aman, berikut ini ada sedikit cerita dari komunitas Bismania tentang jalan-jalan naik bis.
Bis dan Bismania
Komunitas Bismania (Sumber Foto: http://www.bismania.org)

Komunitas Bismania (Sumber Foto: http://www.bismania.org)

Naik bis sangat menyenangkan untuk komunitas pecinta bis ini. Wawan Purwanto, salah seorang perwakilan komunitas, senang banget naik bis melewati Jalur Pantura yang jalurnya lurus-lurus saja. Menurut Wawan, di jalur lurus inilah performa mesin bis dan keterampilan pengemudi terlihat sepenuhnya. Saat naik bis malam, para anggota Bismania biasanya tetap membuka mata dan ikut merasakan aksi ‘balapan’ dari pengemudi bis. Menikmati sensasi berada di dalam bis yang meliak-liuk sepanjang jalan yang berkelok, salip-bersalip dengan bis lainnya, serasa naik wahana di taman bermain! Anggota Bismania juga pernah melakukan acara touring untuk menambah keseruan naik bis. Mereka bersama-sama naik bis ke Jepara untuk mengunjungi PO Bejeu dan PO Nusantara di sana.

Mengenai image bis yang terlihat buruk, Wawan beropini, “Image bis terlihat buruk mungkin dikarenakan infrastruktur (terutama) jalan raya yang tidak digunakan sebagaimana mestinya. Misal, Jalur Pantura yang dilewati truk-truk besar sehingga jalanan jadi cepat rusak. Macet jadi dampak tidak langsung rusaknya jalan. Perjalanan dengan bis jadi makan waktu lebih lama, membuat pengguna bis jadi nggak nyaman.”

Hmm, ternyata buruknya infrastruktur berpengaruh juga, ya, terhadap citra bis. Padahal bis itu sarana angkutan umum yang terjangkau dari segi harga dan bisa menjelajah ke tempat-tempat yang tidak mungkin disinggahi kereta atau pesawat. Semoga perbaikan infrastruktur segera dilakukan supaya jalan-jalan naik bis kita semakin nyaman.
Naik Bis A la Bismania
Bus Rosalia Indah (Sumber Foto: http://www.rosalia-indah.com)

Bis Rosalia Indah (Sumber Foto: http://www.rosalia-indah.com)

Untuk Travel lads yang ingin mencoba jalan-jalan dengan bis, ada sedikit bocoran dari Bismania saat akan memilih bis AKAP (Antar Kota Antar Provinsi). Salah satunya, pastikan bis tersebut sudah andal dan terpercaya keamanannya. Pahala Kencana, Kramat Djati, Safari Dharma Raya, Nusantara, dan Rosalia Indah, adalah beberapa bis AKAP andalan Bismania. Tapi ingat, pemilihan bis AKAP juga harus sesuai dengan tujuan Travel lads. Jangan sampai, Travel lads malah tersesat karena salah naik bis.
Tips Aman Naik Bis dari Bis Mania

Kalau sudah memilih bis yang akan dinaiki, berikut beberapa tips aman naik bis dari Bismania:

1. Pastikan membeli tiket dari agen resmi dan naik bis dari terminal

Hal ini memang terkesan remeh, tapi membeli tiket dari agen resmi serta naik bis langsung dari terminal tergolong ‘aman’. Travel lads bisa terhindar dari mahalnya harga tiket versi calo – uang tiket bisa dipakai untuk belanja oleh-oleh.

2. Jangan menggunakan perhiasan berlebihan

Hal ini juga terdengar remeh, ya, Travel lads? walau remeh, tips ini tetap penting dan masih valid dilakukan.

3. Pastikan naik bis yang mempunyai banyak armada

Travel lads tidak akan pernah tahu kondisi apa yang akan Travel lads hadapi selama di jalanan. Pastikan Travel lads naik bis yang mempunyai banyak armada. Kalau ada masalah di jalan, Travel lads dan penumpang lainnya tidak akan luntang-lantung karena ada bis cadangan yang siap mengangkut Travel lads ke tempat tujuan.

Jalan-jalan naik bis ke luar kota bisa seru dan aman juga, ya, Travel lads! Dan ternyata, dengan bepergian naik bis Travel lads juga berpartisipasi dalam gerakan  go-green. Dampak pembuangan bahan bakar bus jauh lebih rendah dari pesawat. Emisi rata-rata per kepala juga lebih rendah bila menggunakan bis karena bis bisa  menampung banyak orang.
Sekilas tentang Bismania
Foto anggota Bismania (Sumber Foto: http://www.bismania.org)

Foto kopdar anggota Bismania (Sumber Foto: http://www.bismania.org)

Bismania adalah komunitas pecinta bis yang berdiri dari tahun 2008. Dengan visi  “Yang awam jadi tahu, yang paham jadi lebih tahu dan yang pinter harus cari tahu yang baru tentang bis”, Bismania terus berbagi tentang seluk beluk bis kepada banyak orang. Bismania bisa dihubungi via @bismaniaorg atau e-mail info@bismania.org, join mailing list-nya di bismania@yahoogroups.com. Info lebih lanjut tentang Bismania, Travel lads bisa melihatnya di http://www.bismania.org

(Terima kasih untuk Wawan Purwanto dari Bismania untuk wawancaranya)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *