Keuangan dan Bisnis

Beginilah Cara Cek NPWP Pribadi Anda dengan Mudah dan Simpel

Anda ingin mengetahui bagaimana cara melihat NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) Pribadi. Seperti yang kita tahu, objek pajak terdiri dari 2 bagian. Yang pertama adalah Orang Pribadi atau OP, dan yang kedua adalah objek pajak pengusaha. Objek pajak sendiri sering disebut dengan istilah wajib pajak (WP).

Cara termudah untuk mengecek berapakah nomor NPWP pribadi anda adalah dengan cara seperti dalam artikel yang kami bahas berikut ini. Amat sangat penting untuk mengetahui berapa sih angkanya, karena dengan mengetahuinya kita bisa melakukan kewajiban kita sebagai warga negara yang baik yaitu membayar pajak.

Cara Melihat Nomor NPWP via kantor Pajak

Cara ini sangat dipastikan lebih bagik bagi kita yang ingin mengetahui secara valid dan dijamin kebenarannya 100$ bisa dipercaya. Karena dengan mendatangi kantor pajak, kita bisa bertanya langsung berapakah nomor NPWP pribadi kita. Adapun cara memperolehnya adalah sebagai berikut:

  1. Anda bisa langsung ke kantor pajak terdekat di dekat anda saja. Tidak perlu mesti mendatangi kantor pajak tempat kita terdaftar. Kenapa? Karena semua kantor pajak sudah online, jadi kalau sekedar ingin mengetahuinya berapa sih npwp kamu, maka layanan ini sudah tersedia
  2. Pastikan anda mengetahui dimana kantor pajak dan jangan sampai salah alamat ke kantor pajak yang keliru. Banyak orang memandang bahwa kantor polisi bagian mengurus pajak kendaraan bermotor atau pembuatan SIM dan STNK adalah kantor pajak. Meskipun sama-sama pajak, kantor pajak untuk mengurus NPWP berbeda sekali dengan pajak pemerintah daerah. Trik praktisnya adalah lihat plakat kantor pajak, pastikan tertulis banner Direktorat Jenderal Pajak (DJP) bukan Dinas pendapatan daerah (Dispenda) karena hal ini sangat berbeda.
  3. Jika sudah mendapatkan dimana kantor pajak terdekat, silahkan datang ke bagian layanan umum. Ambil antrian. Lampirkan beberapa data diri standar Anda seperti KTP/SIM atau identitas diri lainnya.
  4. Nomor NPWP akan diberitahukan ke Anda, bahkan jika diperlukan petugas kantor pajak akan menerbitkan lagi kartu NPWP yang baru dan bisa anda manfaatkan. Ingat, NPWP itu gratis lo, jadi tidak perlu membayar biaya administrasinya. Jangan lupa untuk melaporkan SPT Pajak (Surat pemberitahuan lapor pajak) tiap tahunnya agar tidak menjadi kendala di kemudian hari ya.

cara cek npwp pribadi

Cara Mengetahui Nomor NPWP secara Online

Selain datang langsung ke kantor pajak, ada cara termudah dan relatif praktis daripada mesti datang meluangkan waktu datang ke KPP (Kantor Pelayanan Perpajakan). Kenapa? Karena dengan cara ini akan menghemat waktu Anda, serta mempersingkat jalur birograsi yang ribet dan lama tentunya.

Semua KPP sekarang sudah terintegrasi dengan baik, dengan adanya aplikasi DJP online, SIKKA dan masih banyak lagi membuat masyarakat kini semakin mudah dan nyaman dalam men-service. Cara online ini cukup mudah lo, anda tinggal mengangkat handphone Anda, dan langsung hubungi Kring Pajak di nomor 1500200 (021-1500200). Anda akan diterima oleh customer servie dan akan ditanyakan beberapa pertanyaan untuk mencocokkan data dan lain sebagainya. Cukup simpel kan?

Dengan Aplikasi DJP Online semua Jadi Mudah

Ya, sekarang sudah ada aplikasi DJP Online (Direktorat Jenderal Pajak Online) dengen memanfaatkan teknologi, membayar pajak kini semakin mudah. Aplikasi berbasis web-based ini cukup simpel dan user-friendly. Anda tinggal memasukkan nomor E-Fin maka anda akan ditampilkan berbagai informasi perpajakan dan SPT yang sudah anda laporkan, sehingga lebih transparan dan terbuka.

Demikianlah beberapa artikel pembahasan mengenai bagaimana cara mendapatkan nomor NPWP orang pribadi. Semoga informasi ini bermanfaat bagi seluruh masyarakat pada umumnya dan kantor pada waktunya. Silahkan jika ada pertanyaan ajukan saja. Semoga bermanfaat. Amin.