Keuangan dan Bisnis

Cara Praktis Membuat Cetakan Fiberglass dengan Mudah

Bagi Anda yang ingin melakukan bisnis tentu sangat faham akan pentingnya membuat kerajinan tangan atau bentuk-bentuk barangĀ  cetakan fiberglass yang perlu diproduksi dalam jumlah banyak, karena dengan mengetahui cara memperbanyak aneka macam cetakan kerajinan ini perlu keterampilan yang butuh diasah berulangkali, tidak setengah setengah. Karena bisnis ini perlu ketekenan yang luar biasa. Cetakan fiberglass sangat bagus untuk pembuatan dalam skala besar seperti pembuatan peralatan elektronik, onderdirl kendaraan, mainan, perabotan rumah tangga dan perangkat untuk bisnis dan usaha dan seterusnya.

Cetakan fiberglass ini perlu dibikin dengan langkah yang tidak sebentar, perlu jam terbang yang tinggi. Tidak sekedar menonton video dan langsung bisa. Anda perlu fokus belajar secara terus-menerus, karena selain bahannya agak susah untuk dibuat, diperlukan kehati-hatian yang luar biasa. Kalau kata orang mah, mesti siap banting.

cara membuat cetakan fiberglass

Tahapan Memproduksi Cetakan Fiberglass

  1. Dibutuhkan niat yang sungguh-sungguh, karena selain akan menghabiskan waktu Anda. Sangat dibutuhkan biaya yang relatif tidak murah. Sangat disayangkan jika Anda hanya ikut-ikutan saja. Tancapkan niat yang tulus dan fokus secara nyata, jangan tergoda dengan bisnis lain yang bisa jadi mengganggu Anda
  2. Mempersiapkan cetakan utama yang akan dibuat. Tentukan cetakan Apa yang akan anda buat. Sebelum melangkah lebih lanjut, Anda masih siapkan dulu sample minimal 1 dulu. Contohnya apa yang akan dibuat, belilah jika ada di pasaran atau bikinlah sendiri dengan tanah liat tentunya.
  3. Setelah Anda miliki barang yang akan dibikin, kemudian untuk cetakannya bisa terbuat dari gips, plastik, barang yang sudah jadi, atau fiberglass, atau dari lilin.
  4. Siapkan malam/lilin, kaca dan bahan anti lengket (vaseline) yang nanti dioleskan ke malam agar tidak lengket. Siapkan kuas untuk mempermudah pengerjaannya.
  5. Rendamkan bahan yang akan dibuat tadi kedalam malam tadi, berikan sedikit-demi sedikit anti lengket. Agar tidak goyang, silahkan jika mau diberikan penahan.
  6. Buatlah silicon dengan cara tuangkan silicon secara perlahan-lahan, kalo sudah tunggu selama 24 jam maka cetakan fiberglass sudah jadi.

Peralatan untuk Pembuatan Cetakan Fiberglass

  • Benda yang akan dicetak
  • Malam
  • Penahan, agar tidak goyang
  • Silicon
  • vaseline untuk olesan anti lengket
  • air
  • kuas
  • gips
  • serat
  • fiber
  • semen putih
  • gelas karton
  • cairan resin
  • katalis, jangan sampai kena tangan

cetakan fiberglass

Demikianlah inti dari pembuatan cetakan fiberglass dengan cara yang relatif simpel tapi perlu kehati-hatian, prosesnya memang agak lama, perlu rajin banget dalam membuatnya, baik saat mencetaknya, saat mengaduknya hingga saat mengoles-oleskannya agar terlihat lebih bagus dan artistik. Hal ini memerlukan sentuhan seni serta keterampilan yang tinggi.

Tips Agar Hasil Cetakan Fiberglass Lebih Halus dan Menarik

  1. Lakukan dengan perlahan-lahan, tidak perlu buru-buru. Karena buat apa terlalu cepat kalo hasilnya ternyata hasilnya jelek dan buruk sekali.
  2. Perlu rajin dan ketekunan yang luar biasa, karena salah sedikit akan menghasilkan output yang jelek dan susah dibalikin lagi, ibaratnya nasi udah menjadi bubur, konsumen tentu tidak mau hasil yang jelek kan?
  3. Untuk yang masih newbie, sangat dianjurkan untuk datang langsung belajar ke guru yang sudah berpengalaman. Tutorial di internet kebanyakan masih kurang lengkap, lagipula dengan berguru kepada para ahlinya juga membuat kita tambah silaturahmi tentunya.

Demikian tips dari kami, semoga bermanfaat dalam memproduksi lapisan cetakan berbahan fiberglass, amin.