Agrobisnis

Cara Mudah Membuat Telur Gulung dengan Rasa yang Enak ala Chef Terkenal

Pengen nyobain telur yang digoreng dengan cara diputar-putar pakai tusukan? Rasanya kok menggoda selera ya? Apalagi kalau disajikan masih hangat sehabis ditiriskan dari wajan. Enak coy!

Daripada ngiler, yuk sambil iseng-iseng baca kita belajar menurut resep kampungan tapi citarasa chef ini. Gak kalah kok rasanya ama koki-koki restoran kenamaan. Bagi yang ingin bernostalgia anak SD, cocok banget nih buat reunian.

cara membuat telur gulung tusuk

Telur gulung tusuk banyak dijajakan dipinggir jalan sebagai jajanan pasar yang sehat dan lezat. Aroma saat digoreng di trotoar sering banget menggangu perut pejalan kaki yang lapar. Telur gulung pun laris manis bak kacang goreng.

Bahan-bahan Dasar Membuat Telur Dadar Gulung

Sebenernya adonan masakan sederhana ini sangat simpel, mudah kita dapatkan. Selain itu juga sedikit sekali persiapan yang kita lakukan, mau tahu kan apa aja? Nih sederhana banget kok;

  • Telur ayam jumlah boleh 1 butir, atau sesuai seler
  • Penyedap rasa, yang ada di pasaran, bisa masako, royco, pake micin juga bisa kayak ajinomoto atau sasa.
  • Garam secukupnya
  • Tusuk sate atau Lidi

jajanan sd telur goreng tusuk

Aduk jadi satu adonan, harus agak encer ya. Ada yang menambahkan terigu, agar lebih kental. Gak masalah asal jangan terlalu padat, harus encer ini soalnya adonannya.

Gimana simpel banget kan, pasti semua udah ada di dapur kan? Lalu bagaimana cara bikinnya? Biar nempel, agar mateng dan gurih seperti apa? Simak artikel lanjutannya dibawah ya.

Cara Menggoreng Telur Gulung Agar Nempel

Campur semua bahan dalam 1 adonan, kemudian siapkan wajan di kompor dan nyalaka dengan api kecil. Aduk adonan pelan-pelan, lalu tuangkan dengan trik berikut ini:

resep membuat telur gulung dadar

  1. Tuang dikit-dikit seperti menyiram tanaman, tidak perlu dipindah ke teko. Pakai tempat adonan yang sudah ada saja
  2. Jarak tangan  yang menyiram agak tinggi dari wajan, agar adonan dapat udara sebelum kena panas minyak goreng
  3. Gerakkan tangan pelan-pelan membentuk huruf Z, tangan satu lagi siap-siap memegang tusuk sate
  4. Segera gerakkan tangan yang sudah memegang lidi dengan cara menggulung mengitari adonan yang digoreng, sehingga menempel dan semua adonan berhasil menjadi satu berkumpul dengan tusukan.
  5. Tiriskan, dan buat lagi sebanyak mungkin sampai adonan abis.

Demikianlah cara membuat telur gulung, dengan peralatan dapur sederhana. Enak dimakan, renyah di mulut lidah. Nyam nyam nyam…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *