Tips Travelling

Checklist Rencana Perjalanan Ittenary Menurut Pengalaman Pribadi

Rencana liburan anda harus menganut paham ini : “Fail to plan is plan to fail!”

Mendapatkan liburan yang jadi incaran, disertai budget terjangkau tentunya, ternyata memang sangat mungkin untuk diwujudkan selama kita melakukan perencanaan yang cukup.

Inilah serangkaian pertanyaan sederhana yang akan menjadi panduan sederhana buat kamu bikin rencana liburan tahun ini.

rencana liburan
1. Kapan rencana liburan harus dipikirkan?

Kita bisa buat rencana liburan semurah mungkin dengan lokasi yang tidak terlalu jauh dari tempat kita tinggal, tapi kalau kita tidak punya waktu bisa-bisa semua batal. Ini yang membuat perencaan liburan umumnya dimulai dari pertanyaan “kapan?”. Apalagi buat kamu yang segudang kesibukan sehari-hari, ngeluangin waktu bukan sesuatu yang mudah untuk dilakukan. Tapi kalau memang sudah nemu tempat yang dirasa ‘jodoh’, jangan pikir panjang, book your calendar NOW! 😀

Untuk para pegawai kantoran yang terikat sama tight schedule hingga ga memungkinkan meninggalkan kegiatan dalam waktu dekat, coba cek jatah cutinya dan alokasikan ke dalam rencana liburan kamu. Ajukan izin yang diperlukan dari jauh-jauh hari, dan siap-siap mendelegasikan pekerjaan. Having a phone call from our client or our boss during vacation is the last thing that we want.

NOTE – Menentukan kapan waktu berlibur yang pas cukup penting, karena ga lucu tiba-tiba di tengah liburan, kenyamanan kamu ‘diganggu’ sama utang pekerjaan. Hey, the holy holiday is your time for getaway! Masa liburan ga boleh diusik dengan hal pekerjaan. Makanya pastiin juga waktu kamu pergi berlibur, semua pekerjaanmu sudah dalam kondisi beres.

Rekomendasi: Coret kalender dinding di rumah atau kalo kamu lumayan canggih, tandain rencana liburan kamu di handheld calendar kamu biar gak lupa :p

2. Kemana dan apa yang mau dilakukan dalam rencana liburan anda?

Yang disebut riset itu ga perlu sampai ribet kok. Dengan googling atau tanya temen yang tinggal atau pernah ke tempat kita mau pergi pun bisa dibilang riset. Kalo kita bisa melakukannya dengan detail, from A to Z, kita bisa punya gambaran cukup detail liburan jenis apa yang kita inginkan, lokasinya dimana, dan apa saja kegiatannya.

Kamu harus lebih spesifik lagi dalam membuat rencana liburan. Contohnya adalah ketika kamu hanya mau melihat-lihat pemandangan (sightseeing) misalnya, coba deh cari tentang objek-objek wisata alam, dan  juga cari tahu sejumlah outdoor activity yang kira-kira cocok seperti hiking di Gunung Bromo, mount-climbing di Gunung Rinjani, rafting di Sukabumi, etc. Kepengen model city-trip, cari deh kota mana yang sepertinya menarik dan layak dikunjungi.. Plus apa-apa aja yang khas dari kota tersebut..

Don’t for get to list all those stuffs down and save it somewhere you can see immediately, e.g. your blackberry or iPad.

NOTE – Always seek for in-depth information for unique places that suit your preferences. For instance, for the trip to Singapore, if you like something fresh and natural, instead of taking tour only  to such common places like Orchard road,  the Singapore Flyer or visiting Universal Studios (tempat-wajib-sejuta-umat gitu), why don’t you try Singapore Botanical Garden? You can easily find these kind of info in just few clicks away in the internet.

Rekomendasi: Cek situs travel agent, kamu bisa dibantu untuk mendapatkan paket wisata murah , atau situs pengelola daerah wisata daerah setempat.

3. Berapa kira-kira pengeluaran untuk rencana liburan anda?

Nah, dari hasil riset, kamu pun bisa dapet rincian perkiraan berapa biaya rencana liburan ke opsi A, opsi B, opsi C, dst.

Jadi kamu langsung tetapkan budget seefisien mungkin untuk perjalanan ini. Supaya selanjutkan bisa memutuskan; dengan uang yang ada, apa dan kemana yang menjadi prioritas kamu.

NOTE – Meski baru perkiraan, hitung segala biaya dengan cermat sampai yang terkecil.. Ingat kalo mau bepergian di saat high season, harus siapkan budget lebih karena umumnya harga akomodasi dan tiket melonjak.

Rekomendasi: Sama dengan di atas, cek situs travel agent, situs direktori travel seperti TripAdvisor, atau situs pengelola daerah wisata daerah setempat untuk membuat rencana liburan anda menjadi matang.

4. Book in advance

Setelah terbayang destinasi liburan mana yang sesuai keinginan dan kapasitas kantong, dan menemukan waktunya, berarti saatnya book tiket dan akomodasi ni. Kecuali kamu lagi kepengen (atau memang pecandu) liburan yang penuh spontanitas, pemesanan transportasi dan akomodasi di awal sifatnya wajib dilakukan.

Sekarang ini pesan tiket dan tempat di hotel sudah sangat mudah serta murah via internet atau e-ticketing. Silakan bandingkan beberapa alternatif. Sudah menemukan yang cocok? Jangan tunggu lagi. PESAN!

NOTE –  Cek paket promosi yang ditawarkan oleh pihak biro perjalanan, penerbangan, hotel, dan tempat rekreasi, dan sebagainya. Bahkan terkadang ada promo yang tidak terlalu disebarluaskan, tapi kalo mau dicek ada dan oke-oke loh..

Rekomendasi: Lebih cepat lebih baik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *