Tips Travelling

Hiking is Fun: Menghilangkan Ketakutan Naik Gunung

komunitas Indonesian Mountains akan mengadakan trip mendaki Gunung Gede pada tanggal 10-13 Mei 2013. Untuk kamu yang masih ragu dan takut naik gunung, berikut ringkasan percakapan dengan Arsyan Syafarman (Travel Consultant dan anggota komunitas Indonesian Mountains) tentang seluk-beluk naik gunung untuk pemula. Kekhawatiran tentang susahnya medan dan pandangan tentang gunung yang menyeramkan sering datang meruntuhkan semangat mendaki. Jadi, apakah yang harus dilakukan oleh pemula dalam memulai sebuah pendakian?

The Reason to Climb

“Because it’s there!”, ucap seorang pendaki legendaris George F. Mallory  ketika ditanya alasan kenapa ia naik gunung. Gunung yang menjulang dengan gagahnya memang menantang untuk didaki. Berdiri di atas puncak tertinggi dan melihat lautan awan yang diselimuti birunya angkasa setelah mendaki jalur naik turun tentu akan menjadi pencapaian yang memuaskan.
naik gunung

The mountain is there! What are you waiting for?

Anggapan yang muncul tentang gunung yang menyeramkan dan berbahaya kadang menggetarkan niat para pemula untuk mendaki gunung. Arsyan menjelaskan, ketakutan dasar bagi pemula yang belum pernah melakukan hiking adalah masuk ke dalam kegelapan dan kerimbunan hutan. Di samping itu, ketakutan akan binatang buas, nyasar, capek, dingin, susah ke toilet, alasan mistis, takut ketinggian dan berita kecelakaan di gunung adalah hal-hal yang menyelimuti benak pemula ketika mencoba untuk hiking. Semua hal itu wajar saja terjadi namun Arsyan menekankan bahwa hiking tidak sebegitu menyeramkan dan berbahaya seperti yang dibayangkan.

Menurut Arsyan, persiapan matang dapat mengantisipasi segala kerisauan saat pertama hiking . Hal pertama yang dapat dilakukan bagi pemula adalah dengan banyak mengumpulkan informasi yang terkait dengan keadaan medan pendakian dan peralatan yang dibutuhkan. Kedua, usahakan selalu berada bersama pendaki lain yang lebih berpengalaman. Ketiga, bagi yang belum pernah sama sekali hiking, usahakan menggunakan jasa profesional agar lebih aman dan teratur dalam pendakian. Yang terkahir adalah menetapkan niat mendaki! Ketika di lapangan, kita tidak hanya menghadapi masalah perlengkapan dan kondisi perjalanan saja. Cara kita menyikapi kesulitan saat pendakian juga penting untuk diperhatikan.

Di saat semua kekhawatiran tersebut teratasi dengan persiapan yang baik, dijamin kita akan mendapatkan pengalaman-pengalaman terbaik ketika melakukan pendakian. Arsyan juga menyatakan kesan yang dia dapat dari kegiatan hiking. Tak hanya soal dokumentasi keindahan alam karya Ilahi, menurut Arsyan, proses pendakian merupakan pembelajaran nilai-nilai kehidupan untuk mengatasi setiap kesulitan.
naik gunung

Trek Gunung Gede yang bersahabat disertai pemandangan yang indah

Selain mengenai persiapan, Arsyan juga berbagi tips mengenai tempat-tempat seru yang bisa dijejaki oleh para pemula. “Untuk daerah sekitar Jakarta, Gunung Gede merupakan tempat yang pas karena pengelolaannya sudah teratur dan ramai dikunjungi orang” jelas Arsyan. Kalau kamu mau mencoba naik Gunung Gede yang aman dan seru, kamu bisa ikut trip Mendaki Gunung Gede Bersama TC Valadoo dan Indonesian Mountains tanggal 10-13 Mei 2013.

Tempat terdekat lainnya yang cocok dijadikan tempat hiking adalah Gunung Papandayan di Garut karena memiliki jalur yang mudah dan ramai dikunjungi orang.

Kekhawatiran naik gunung pasti muncul bagi para pemula. Namun dengan konsistensi niat yang kuat dan persiapan yang matang kamu pasti bisa melewati segala ketakutan tersebut. Sudah tidak takut mendaki gunung? Atau sudah tidak sabar mau hiking? Ups, tunggu dulu! Masih banyak hal-hal yang perlu kamu ketahui tentang hiking. Catat dan jangan sampai ketinggalan  Kelas Jelajah seri ke-dua tentang Hiking for Dummies yang diadakan pada tanggal 4 Mei 2013 di @CommaID dengan pembicara Arsyan Syafarman dan teman-teman dari komunitas Indonesian Mountains.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *