Tips Travelling

Liburan Bersama Anak: 7 Tips Nyaman Selama Penerbangan

Musim liburan sekolah sebentar lagi tiba. Waktu luang selama beberapa minggu ini oleh sebagian keluarga dimanfaatkan untuk pergi liburan bersama anak. Mengunjungi Gold Coast yang seru bersama anak, berwisata ke Korea Selatan yang sedang menjadi tren, atau menikmati indahnya Phi-phi Island di Thailand, banyak destinasi menarik yang dapat dikunjungi bersama keluarga. Untuk memaksimalkan waktu, pesawat adalah sarana transportasi paling praktis yang dapat membawa Anda sekeluarga ke belahan dunia lain hanya dalam hitungan jam. Namun seringkali orangtua merasa pusing ketika membawa anak-anak melakukan perjalanan udara, terutama bagi keluarga muda yang memiliki balita. Anak usia dibawah lima tahun memiliki kondisi psikologis yang cukup rentan, sehingga dapat bereaksi cukup esktrim ketika mereka merasa gugup, takut, atau bosan dengan kondisi sekitar. Bagi Anda yang akan liburan bersama anak dalam waktu dekat, berikut tips dari saya.
7 tips liburan bersama anak menggunakan pesawat

1. Berikan tempat duduk yang aman dan nyaman
Tempat duduk terbaik untuk anak-anak adalah barisan pertama kelas ekonomi karena memiliki ruang yang lebar. Jika tidak dapat, sebaiknya anak duduk di bangku tengah diapit Anda dan pasangan.
2. Membawa perlengkapan anak
Anda tentunya tidak ingin mendengar tangisan dan mengganggu kenyamanan penumpang lainnya. Dalam perjalanan liburan bersama anak kali ini, bawa aneka mainan yang mereka suka dan perlengkapan lainnya seperti kapas penutup telinga untuk mengurangi tekanan udara pada telinga anak saat pesawat lepas landas atau mendarat.
3. Membawa makanan khusus anak dan susu
Bawa bekal makanan/camilan kesukaan anak serta susu dalam botol, buah-buahan segar, jus, serta air minum botolan yang penting untuk menjaga metabolisme tubuh anak. Pastikan mulut anak terbuka atau mengunyah sesuatu saat pesawat akan lepas landas atau mendarat karena hal ini sangat membantu melegakan telinganya.
4. Jaga kehangatan dan kenyamanannya
Suhu di kabin bisa sangat dingin, karenanya berikan anak kehangatan dengan membawa jaket/sweater. Siapkan juga bantal dan selimut favorit untuk membuatnya merasa nyaman seperti di rumah sendiri.
5. Berikan aktivitas
Sangat penting untuk membuat anak Anda sibuk dengan aktivitas yang disukainya. Anda bisa mengajak anak secara aktif memainkan beberapa pertanyaan untuk mencegah kebosanan atau membawa buku gambar. Meminjamkan iPad kepadanya untuk bermain Angry Birds atau menonton video juga dapat menjadi solusi.
6. Mengajak berjalan
Pada waktu-waktu tertentu selama penerbangan, seringkali kita melihat anak-anak yang ingin berjalan ke belakang atau ke depan pesawat. Hal ini wajar karena anak Anda sedang mengalami masa senang beraktivitas dan bebas bergerak sesuka hatinya.
7. Membawa obat-obatan
Anak kecil biasanya rentan terserang penyakit, maka dalam liburan bersama anak kali ini, anda sebagai orangtua tentu wajib menyiapkan obat-obatan yang biasa dikonsumsi seperti obat demam, obat pilek, obat batuk, minyak kayu putih, dan sebagainya. Bila mendadak si anak sakit, Anda bisa langsung memberikan pertolongan pertama.

Untuk mencari paket liburan murah, dapat menghubungi Valadoo.com untuk mendapatkan alternatif liburan yang lengkap.