Tuban

Masjid Bawah Tanah Tuban, Bernama Masjid Aschabul Kahfi di dalam Goa

Bagi seorang muslim, beribadah di masjid adalah salah satu wujud perwujudan pengagungan Allah Subhanahuwata’ala. Masjid selain sebagai tempat suci untuk sholat, juga sebagai sarana syiar kebesaran umat muslim. Di indonesia sebagai pemeluk islam terbesar memiliki beragam keindahan, termasuk salah satunya adalah masjid bawah tanah tuban bernama Masjid Aschabul Kahfi.

Lokasi tempat peribadatan kaum muslimin yang sangat unik, berbeda dengan masjid yang biasa kita temuin. Bertempat di dalam goa atau bawah tanah sehingga agak sedikit berbeda dalam perawatan maupun ketika kita hendak melakukan sholat maupun berkunjung untuk memakmurkan masjid ini.

masjid bawah tanah tuban

Jika Anda ingin berwisata ke sana, lokasi tepatnya adalah di Jalan gedongombo kecamatan Semanding kabupaten tuban, provinsi jawa timur, Indonesia. Bagi Anda yang ingin menikmati indahnya bertadabbur dan meramaikan masjid untuk berdzikir, membaca kitab suci A-Quran, memahami kitab hadist seperti karya Imam Bukhari dan Imam Muslim atau sekedar ingin beri’tiqaf, lokasinya tepatnya sih di deket Pantura (pantai utara). Bagi Anda yang pulang kampung, bisa lah sekali-kali mampir dan merasakan ibadah yang khusyu’ di dalam masjid ini.

Tergolong sangat luas, beberapa karakteristik dan keunikan nya adalah sebagai berikut:

  1. Masjid Aschabul Kahfi Merupakan bekas tempat pembuangan sampah (TPS)
  2. Masjid bawah tanah ini Didirikan dan diprakarsaii oleh K.H. Subhan
  3. Memiliki luas yang cukup besar sekali yaitu 3 Hektar (ha) di kabupaten Tuban
  4. Sudah berdiri lebih dari 14 tahun, cukup tua sekali kan ya
  5. Terinspirasi oleh cerita di dalam Al-Qur’an tentang 7 orang shalih yang terperangkap di Gua, sering disebut dengan Sahabat kahfi, tertuang dalam Surat Al-Kahfi. Oleh karenanya disebut dengan Masjid Aschabul Kahfi

Agar berasa bernuasa lebih berasa di goa atau bak kayak di dalam perut bumi, beberapa hiasan tempat ibadah ini terdapat juga stalagtit dan stalagmite. Sehingga jadi terlihat seperti ada di dalam tanah, heee. Selain tentunya terdapat nuansa masjid pada umumnya, yaitu terdapat hiasan kaligrafi tulisan arab yang melekat pada lapisan dinding di bagian kanan, kiri, belakang serta bagian depam samping mimbar untuk ceramah agama seperti pengajian, khutbah jumat, ta’lim dan masib banyak lagi.

Satu lagi selain difungsikan sebagai tempat suci keagamaan, tempat ini juga digunakan sebagai tempat menuntut agama yaitu terdapat Pondok Pesantren (ponpes) dengan nama Ponpes Syeh Maulana Maghrobi. Namanya adalah berasal dari seorang pendakwah islam kenamaan di negeri jawa beberapa abad silam yang lalu.

Demikian sedikit cuplikan kami, berkaitan dengan informasi masjid bawah tanah tuban, semoga dengan wawasan ini bisa membuat kita mentadabburi akan keagungan Allah dan meningkatkan kecintaan kepada sunnah ajaran Allah yang disampaikan oleh suri tauladan terbaik, Nabi Muhammad Shalallahu ‘Alaihi wassalam. Amin.