Indonesia

Mengenal Taman Laut Indonesia

Taman-taman laut dengan hamparan koral dan biota yang beragam mampu menyihir siapa saja yang menyelaminya. Tak perlu jauh-jauh jika ingin menemui tempat ‘magis’ di dasar perairan, karena Indonesia dikaruniai berkah memiliki beragam taman laut tiada dua. Bayangkan, di Indonesia ada 25% spesies ikan dunia hidup di antara naungan lebih dari 500 jenis karang! Saking banyak dan beragamnya taman cantik dasar laut di wilayah Indonesia, kamu pasti tak akan puas menyelaminya sekali saja.
Tiga Taman Nasional Laut Indonesia

Nah, untuk menjaga keseimbangan ekosistem laut,  pemerintah membuat area konservasi alam dan taman nasional yang mencakup segala ekosistem di sekitar laut. Ada tiga taman nasional di Indonesia dengan taman laut cantik yang harus masuk dalam daftar tujuan wisatamu.
1. Taman Nasional Wakatobi
Pemandangan laut di Wakatobi

Pemandangan laut di Wakatobi

Wakatobi yang merupakan akronim dari gugusan pulau besar Wangi-wangi, Kaledupa, Tomia dan Binongko, memiliki taman nasional yang melindungi ekosistem alami.  Taman Nasional yang ditetapkan pada 1993 ini memiliki 112 jenis karang di dalamnya. Terletak di kabupaten Wakatobi Sumatera Selatan, Taman Nasional Wakatobi bisa dicapai melalui Bau-bau menuju Lasalimu dalam 2 jam perjalanan. Setelahnya,  dilanjutkan dengan naik kapal selama 1 jam ke Wangi-Wangi.  Bayangkan menyelami ke dalam laut biru diiringi karang panjang di antara palung. Ikan yang berseliweran akan jadi temanmu menyusuri laut. Jika beruntung kamu bisa bertemu dengan penyu sisik, penyu tempayan atau penyu lekang yang kerap mampir untuk bersantai di segitiga karang dunia ini. Kalau ingin snorkeling menjelajah perairan Wakatobi, Valadoo punya paketnya lho 🙂
2. Taman Nasional Karimunjawa
Ikan yang sedang bersembunyi di antara anemon

Ikan yang sedang bersembunyi di antara anemon

Travel Lads akan langsung jatuh cinta begitu menjejakkan kaki ke Kepulauan Karimunjawa, Jawa Tengah. Gugusan 27 pulau yang berpadu dengan hamparan pasir putih dan nyiur melambai akan menyambut kedatanganmu. Taman Nasional yang telah ditetapkan pada 1999 ini memiliki 69 marga karang dan 353 spesies ikan di dalamnya.

Karimunjawa terletak di 43 mil laut dari Jepara atau 60 mil laut dari Semarang. Karimunjawa dapat dicapai dengan kapal laut yang melayani penyebrangan hampir setiap hari. Tips untuk naik kapal ke Karimunjawa: datang lebih pagi. Jika kapal sudah penuh ia kan berangkat lebih awal dari jadwal seharusnya. Menyelam langsung dan menjelajahi laut di Karimunjawa, kamu akan menemui perpaduan cantik warna-warni senandung laut yang menenangkan. Rasakan juga pengalaman seru berenang dengan ikan hiu di Pulau Menjangan Besar. Jika ingin mengunjungi Karimunjawa, bulan Maret sampai Oktober merupakan waktu yang tepat karena cuaca sedang cerah dan laut ramah.
3. Taman Nasional Teluk Cenderawasih
Memberi makan langsung si Hiu Paus di Teluk Cenderawasih

Memberi makan langsung si Hiu Paus di Teluk Cenderawasih

Namanya memang  tidak sepopuler Raja Ampat, tapi pesonanya tak kalah mengagumkan. Terletak di Teluk Cenderawasih, Papua Barat, Taman Nasional Teluk Cendrawasih merupakan Taman Nasional perairan laut terluas yang dimiliki Indonesia. Persebaran terumbu karang di Taman Nasional yang didirikan pada 2002 ini amat beragam.  Sekitar 150 jenis karangnya tersebar di tepian pulau. Penyu sisik, penyu hijau, penyu lekang dan penyu belimbing juga dapat ditemui di sini. Pulau Rumberpon, Pulau Nusrowi, Pulau Mioswaar, Pulau Yoop dan Pulau Roon merupakan area-area wajib kunjung jika kamu ingin membaurkan diri ekosistem asli. Di sini, kamu juga bisa berenang bersama dan memberi makan hiu paus yang merupakan salah satu hiu terbesar di dunia.

Nah, akses menuju Taman Nasional ini bisa dengan penerbangan tujuan Biak dilanjutkan perjalanan udara ke Manokwari atau Nabire. Bisa juga menggunakan kapal laut dengan tujuan Manokwari. Selanjutnya kamu bisa menggunakan longboat selama 5,5 jam atau perjalanan darat motor tempel ataupun mobil selama 6 jam.
Menjaga Ekosistem di Taman Nasional
Terumbu karang nan cantik di taman laut

Terumbu karang nan cantik di taman laut

Tak dipungkiri jika pesona taman laut di Indonesia begitu memukau dan menggiurkan. Beragam spesies ikan dan koral yang meliuk cantik sering menggoda untuk kita pegang. Kalau travel lads sedang berenang atau snorkeling, tahan keinginan untuk menyentuh karang, ya! kalau karang rapuh terlepas atau patah, akan butuh waktu lama untuk menumbuhkannya kembali (kira-kira 1 tahun hanya tumbuh 1 cm).

Kelucuan para biota laut yang menggemaskan juga sering membuat kita langsung memegang bahkan mengangkatnya ke udara. Tidak semua hewan laut dapat bertahan hidup ketika bertemu dengan udara, bintang laut salah satunya. Penyu juga mudah stress jika dipegang.

Saat bermain ke taman-taman laut, pastikan untuk selalu menjaga ekosistem dan tidak mengganggu keseimbangannya, ya, Travel lads. Be Responsible Travel Lads is important!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *