Indonesia

Minuman Khas Papua, Asli dari Irian Jaya. Inilah Daftarnya

Papua adalah propinsi paling timur di negara Indonesia, berada di pulau papua berbatasan langsung dengan negara tetangga papua nugini. Tanah papua memiliki kekhasan tersendiri dalam adat istiadat, kesukuan dan bahasa serta tentunya tidak kalah pentingnya di bidang kuliner atau makanan dan minuman. Disini, kami akan membahas sekelumit tentang minuman khas papua yang menyegarkan dan unik.

Pulau papua kini terbagi menjadi menjadi dua propinsi, hasil pemekaran tahun 2003 pemerintah pusat Indonesia membagi menjadi propinsi papua dengan ibukota Jayapura dan provinsi papua barat dengan ibu kota Manokwari. Karena daerah yang jarang penduduk dengan luas yang tinggi, papua memiliki warga yang hampir 50% adalah masyarakat pendatang. Dengan bercampurnya warga asli dan pendatang menjadikannya menjadi wilayah yang toleransi tinggi, tak kalah luput perkembangan dunia kuliner pun menjadi menarik dan patut untuk dicoba.

Makan khas papua yang sangat terkenal ada beberapa, sebut saja Papeda, menu kuliner yang enak dan disukai oleh penduduk asli dan tentunya warga pendatang. Kemudian ada lagi namanya Sagu Bakar, khas banget ini, karena makanan pokoknya adalah sagu, menu ini menjadi favorit dan memanjakan lidah. Kemudian ada lagi resep makanan yang enak dan patut dijajal adalah Ikan Kuah Kuning, dengan bumbu yang berwarna kekuningan, menjadikan perut puas dengan rasanya yang menggoda.

minuman khas papua
Gambar Minuman Khas Irian Jaya

Kemudian untuk minuman, yang paling terkenal adalah Aunu Senebre, ini adalah jenis minuman yang mirip pembuatan sup, warga asli sangat suka sekali. Ciri khasnya kuat menjadikannya memiliki cita rasa yang papua banget. Berikut ini kami jelasak sedikit cara pembuatan minuman khas papua Aunu Senebre sebagai berikut:

Resep Minuman Khas Papua

  1. Siapkan daun talas beserta batangnya, kemudian direbus dengan air dikuali hingga mendidih dan matang daun talas dan batang tersebut.
  2. Jika sudah matang, angkat lalu segera tiriskan agar terpisah air dan daun talas
  3. Siapkan ikan, kelapa parut kasa dan garam. Lalu campurkan bahan ini ke dalam daun talas yang sudah matang tadi
  4. Aduk perlahan-lahan hingga merata
  5. Kemudian siapkan kuali untuk mengukus, jika sudah siap, kukus bahan yang sudah kita buat sebelumnya. Tunggu hingga matang
  6. Kemudian hidangkan selagi hangat

Demikianlah cara membuat minuman khas papua Aunu Senebre, bagi Anda orang papua yang sedang merantau dan kangen dengan kampung halaman silahkan praktekkan cara membuat minuman asli dari tanah orang tua Anda ini. Semoga bermanfaat dan terima kasih.