Agrobisnis

Palem Ekor Tupai, Tanaman Hias Indah dan Menyejukkan

Tanaman yang sering kita lihat di jalan-jalan ada banyak sekali, fungsi tumbuhan ini dipasang di tepi jalanan tidak lain adalah untuk sarana hias agar rindang dan sedap dipangang mata, selain itu jenis alang-alang ini mempunyai kegunaan penting dalam ekosistem kehidupan yaitu mengeluarkan oksigen dan menghirup karbon dioksida dengan kekuatan yang tinggi, sehingga para ahli tata kota sangat menyarankan untuk menanamnya di bagian rancang bangun kota.

Ciri-ciri Tanaman Palem ekor tupai

Banyak jenis tanaman palem, kalo dari penampilan secara fisik, pohon palem ini sama dengan palem jenis raja, jadi sering ditanam sebagai pembatas trotoar jalanan. Tekstur daunnya bisa mencapai 3 meter / sama pelepahnya, dengan daun kecilnya sempit dan tumbuh mengelilingi induk tangkai dari daun, inilah sebabnya bentuknya mirip ekor tupai. Tinggi tanaman dapat mencapai 10 meter, dengan batang warna kelabu dan beruas-ruas. Oiya, tumbuhan ini ada bunga jantan dan betina lo, dengan pada tangkai yang saling terpisah. Secara fisik buuahnya cukup besar, dengan ukuran diameter sampai 4 centi meter, warnanya hijau ketika sedang mengkal & berubah agak jingga kemerahan ketika sudah ranum.

palem ekor tupai

Selain untuk hiasan di jalan, pohon palem ekor tupai juga sangat bagus jika ditaruh dipot lalu dibudidayakan di lingkungan rumah. Karena daunnya yang panjang (hingga mencapai 3 meter). Hal ini juga menjadi daya tarik bagi petani maupun pemilik properti untuk menumbuhkannya, dikarenakan perawatannya yang tidak susah. Anda pun gak perlu dikit-dikit membersihkan pelepah daun yang jatuh kering dan ranting-ranting rapuh tiap hari, cocok lah buat pemalas, hahahah.

Memiliki nama ilmiah Wodyetia bifurca meruapakan pilihan yang tepat bagi perkantoran yang ingin menghias tamannya. Kantor yang memprioritaskan area terbuka hijau agar para karyawan bisa lebih nyaman bekerja. bahkan yang ditanam bukan hanya palem ekor tupai. akan tetapi beberapa jenis tanaman kecil seperti pucuk merah, hingkip mirten, azalea dll. Tentu banyak orang akan berpendapat kalau ruang terbuka hijaunya bagus bangunannya pun akan terlihat ramah sehingga para client dan tamu yang berkunjung pun jadi suka. Hal ini tentu menjadi pilihan yang tepat untuk kelangsungan bisnis kantor kan? Betul apa betul? He….

Asal muasal tumbuhan ini dari Australia, tepatnya di negara bagian Quensland. tepatnya ketika seorang suku asli Aborigin membawakannya ke seoarang ahli botaniawan. Selanjutnya tanaman inipun dibudidayakan ke manca negara termasuk ke Indonesia.

Ide untuk Menanam Pohon Palem Ekor Tupai

Berikut kami sampaikan beberapa alternatif tanaman ini jika ingin dipasang di sekitar lingkungan Anda

  1. dipasang di pekarangan rumah, akan terlihat lebih asri cocok banget untuk main anak-anak. Suasana jadi adem, segar dan natural.
  2. ditanam di trotoar jalan, mencipatkan jalan yang hijau dan mengurangi bahaya polusi dari asap kendaraan yang berlalu lalang
  3. ditumbuhkan di pot, untuk sarana hiasan yang minimalis ini jadi pilihan yang tepat, menarik dan indah dilihat

Demikianlah beberapa keunggunalan Palem ekor tupai, dari namanaya mungkin ada yang berfikiran ini adalah mirip binatang tupai, padahal tidak ada sangkut pautnya sama sekali. Kalau tupai suka berlari-lari di pohon-pohon kelapa, mungkin inilah yang jadi penyebab dinamai seperti itu. Karena palem sendiri termasuk turunan dari spesies kelapa.