Agrobisnis

Pohon Buah Naga, Keunikan, Karakteristik Beserta Gambar Lengkap

Buah naga adalah salah satu jenis makanan berserat yang diminati masyarakat, bisa dimakan langsung dengan cara dikupas terus dipotong-potong, bisa juga dengan cara diblender menjadi jus yang segar, apalagi jika ditambah es dingin dan manisan. Tenggorokan jadi nyes, enak dan menyehatkan. Warnanya yang merah menjadi sensasi sendiri, sehingga menjadikan penikmatnya semakin tergiur untuk menkonsumsi. Dibalik semua itu, pohon buah naga ternyata memiliki keunikan tersendiri lo. Mau tahu?

pohon buah naga muda

Pada tumbuhan pohonnya terdapat akar di bagian bawah, akan tetapi karakteristik pohon ini agak unik sekali. Akarnya tidak hanya terdapat di batangnya saja, akan tetapi akarnya juga muncul di sela-sela batangnya. Sehingga para pembudidaya tanaman ini sering menyebutnya sebagai akar udara. Munculnya akar udara inilah yang menyebabkan pohon ini punya kekhasan tersendiri. Bahkan uniknya pohon buah naga adalah ketika kita mencabut dari tanah, pohon ini masih bisa tumbuh. Karena akar yang ada didahannya berfungsi juga layaknya akar yang dibawah, mencari sumber makanan.

Bagian-bagian Pohon Buah Naga

  1. Akar
  2. Daun
  3. Batang atau cabang
  4. Bunga
  5. Buah dan bijinya

Dalam bahasa inggris ia disebut Dragon fruit atau buah naga dalam ilmu bilogi dimasukkan ke dalam famili Cactaceae dengan biji dikotil, bukan monokotil.

pohon buah naga di pot

Pemanfaatan dan Budidaya Pohon Buah Naga

Berdasarkan relawan Indonesia Bangun Desa (IBD) pohon ini bermanfaat untuk menetralisir racun (detoksifikasi). Cara meramunya adalah dengan cara memisahkan antara dahan / cabang dengan cara membuang bagian kambiun nya. Kemudian setelah dibersihkan, dahan nya tinggal dijus/diblender. Karena rasanya yang kurang enak di lidah, beberapa orang mencampurkan dengan buah yang lain, seperti jeruk lemon, jeruk nipis. Karena dahannya yang berwarna hijau, sekilas jusnya akan berwarna hijau seperti jus alpukat.

budidaya pohon buah naga
Ketika membudidayakan Tanaman buah naga, yang perlu diperhatikan adalah tumbuhan ini termasuk tumbuhan tahunan, bukan musiman. 1  pohon buah naga dengan umur minimal 1 tahun bisa berbuah 3 kali setahun dengan jumlah berat cukup banyak yaitu 3 kg buah / pohon nya. Semakin berumur tua tanaman ini, pohon buah naga akan semakin bertambah produktif & berkualitas sistem pembuahannya, asalkan dirawat secara berkala. Pohon buah naga sangat bagus jika berada pada sinar matahari yang terik sekali, dan tidak tahan dengan terlalu banyak air.

Sehingga jika semakin redup dan dikit sinar matahari yang menyinarinya, maka semakin dikit pula kualitas juga kemampuan produksi buahnya. Karakteristik pohon ini lebih bagus jika berada di lingkungan tanah medium yang poros atau cenderung agak kering. Semakin banyak asupan air akan membuat pohon ini mudah busuk. Sehingga jika ingin menanam buah ini, harus cermat & telitilah pada bagian pohon utamanya, jangan kebanyakan air.