Iptek

Pengertian Variabel Terikat Lengkap dengan Jenis & Contoh pada Penelitian Adalah

Variabel Terikat adalah faktor-faktor yang diteliti, diamati, diukur dan disimpulkan dalam sebuah penelitian untuk menentukan apakah ada hubunganny dengan varibel bebas (Independent variables). Variabel bebas sering dikenal dengan istilah variabel bergantung (Dependent variables) karena keberadaanya yang menggantungkan pada variabel lain.

Hal ini sangat penting, apalagi bagi Anda yang akan melakukan penelitian. Karena hal inilah yang akan menjadi objek pengaatan dalam penelitian. Bagaimana penelitian itu berjalan sangat tergantung dari pemahaman akan variabel. Agar faham gambarannya berikut kami jelaskan jenis-jenis dari bagian dari ilmu statistik dalam penelitian ini sebagai berikut:

Jenis-jenis Variabel Ilmu Statistik dalam Membuat Penelitian

Pengertian Variabel Bebas

Variabel bebas atau independent adalah variabel yang mempengaruhi faktor dari sebab timbulnya perubahan pada variabel terikat. Banyak ilmuwan menyebutnya variabel perlakuan atau kausa, risiko, stimulus, pengaruh, antecedent, treatment serta variabel bebas.

variabel terikat adalah contoh dependent

Bahasa gampangnya, variabel bebas yaitu faktor-faktor yang nantinya akan diukur, dipilih & dimanipulasi oleh peneliti untuk melihat apakah ada hubungan dari sebuah hipotesa / peristiwa yang menjadi objek penelitian.

Pengertian Variabel Terikat

Variabel ini dipengaruhi akibat adanya variabel bebas. Mengapa disebut variabel bebas? Karena dipengaruhi oleh variabel bebas. Istilah oleh para statistika dalam pembuatan karya ilmiah dalam metode penelitian biasanya menyebut dengan sebutan macam-macam.

Misalnya variabel output, konsekuen, tergantung, kriteria, terpengaruh, efek dan variabel terikat. Faktor-faktor inilah yang diukur oleh peneliti. Apakah ada pengaruh dari variabel bebas. Peneliti harus menyimpulkan apakah ada pengaruh, apakah muncul atau tidak muncul seperti yang diperkirakan peneliti.

variable bebas terikat kontrol

Contoh Variabel Terikat dan Variabel Bebas

Contoh Variabel Bebas misalnya “Pengaruh Terapi Bekam terhadap Penurunan Tingkat Kematian”.

Contoh Variabel Terikat misalnya “Pengaruh Terapi Bekam terhadap Penurun Tingkat Kematian”

Masih kurang faham? Baik sekarang akan kami jelaskan langsung studi kasus saja. Biasanya kalau teori kayak diatas memang agak membingungkan. Kalau kami kasih contoh nyata seperti berikut pasti langsung faham. Heee…

Studi Kasus Penerapan Variable Terikat & Varible Independent

Jika Anda ingin meneliti hubungan antara prestasi mahasiswa dan waktu belajar mahasiswa. Maka Anda bisa membuat pengjuan penelitian seperti ini “Bagaimana hasil prestasi siswa jika waktu belajarnya lebih banyak atau sebaliknya waktu belajarnya lebih sedikit”.

Waktu dalam penelitian seperti ini disebut dengan variabel independent (bebas), sedangkan prestasi belajar adalah variabel dependent (terikat). Jadi disini variabel waktu bisa kita ubah-ubah, ditambah atau dikurangi untuk mengukur ada tidaknya perubahan pada variabel prestasi.

Demikian sekelumit pembahasan mengenai hal-hal yang berkaitan dengan ilmu metodologi penelitian. Semoga karya ilmiah Anda, atau jurnal karya tulis ataupun bagi Anda mahasiswa yang mau skripsi bisa memahaminya sehingga bisa bermanfaat untuk studi Anda, dan dosen pembimbing meluluskan Anda. Heee.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *